Minggu, 15 Juni 2014

PENDETEKSI KEBAKARAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535



Alat pendeteksi kebakaran otomatis ini untuk mencegah timbulnya kebakaran sewaktu-waktu bisa membantu pengguna disaat kebakaran terjadi. Pencegah kebakaran ini dipakai dalam situasi yang sangat darurat. Tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk memberi informasi bahwa ada titik api. Peralatan yang digunakan yaitu ATMega8535, resistor, buzzer, LCD. Bahasa pemograman alat ini menggunakan bahasa C. Hasil dari alat ini Jika input sensor api tidak terkena api maka output LCD menampilkan “AMAN”, output buzzer tidak menyala. Jika input sensor api terkena api maka output LCD akan menampilkan/mencetak “KEBAKARAN”, output buzzer akan menyala sebagaimana yang telah diatur oleh sebuah program .

Tujuan dari pembuatan alat ini untuk memberi tahu pengguna bila ada titik api dalam ruangan, saat api terdeteksi pengguna bisa langsung antisipasi atau keluar dari ruangan tersebut untuk mengurangi banyaknya korban jiwa .

Saya berharap alat yang saya buat ini bisa membantu saat api mulai menjalar dan tidak semakin besar . diantisipasi saat api masih kecil yang ditandai dengan bunyi buzzer .

Alhamdulilah saat pembuatan alat ini saya tidak terlalu banyak menemukan kendala, komponen yang digunakan mudah dicari, program yang digunakan sudah dipelajari di Lab kampus, dan juga dosen pembimbing yang membantu mengarahkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar