Selasa, 28 Februari 2012

Pengertian & Tujuan Ilmu Budaya Dasar (ruang lingkup)

Ilmu budaya dasar atau yang lebih sering disingkat IBD merupakan suatu pengetahuan yang dibagi menjadi pengertian dasar dan juga pengertian umum, yang membahas konsep-konsep didalam kehidupan manusia dan juga membahas kebudayaan .


Prof Dr.Harsya pernah mengungkapkan bahwa ilmu dan pengetahuan itu dibagi menjadi tiga : 

1. Natural Science atau yang biasa disebut dengan Ilmu ilmu alamiah yang memiliki tujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang ada di dalam alam semesta. Untuk mengkaji ilmu ilmu alamiah kita memakai suatu metode ilmiah.


2. T
he humanities dalam bahasa inggris yang bila diartikan adalah pengetahuan budaya yang memiliki tujuan untuk mencari kenyataan yang bersifat manusiawi dalam hal ini memakai metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan juga kenyataan-kenyataan yang sifatnya unik, lalu diberi arti yang jelas
pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang menampung keahlian seni dan juga filsafat. Kemampuan ini dapat dibagi lagi ke dalam berbagai keahlian lain, seperti contohnya seni tari, seni rupa, seni musik,
Sedangkan ilmu budaya dasar merupakan usaha yang diharapkan untuk dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk membahas masalah-masalah yang ada dalam manusia dan juga kebudayaan yang ada. Dengan arti lain IBD juga memakai pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai macam bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran .

3. Social science yang diartikan ilmu ilmu sosial bertujuan mengkaji keteraturan-keteraturan dalam hubungan antara manusia. digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Hasil penelitian tidak 100 % benar, karena keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari waktu ke waktu .

Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan wawasan sesorang serta juga untuk memiliki rasa cinta kepada budaya yang ada, baik yang menyangkut hubungan antara manusia dengan manusia atau manusia dengan dirinya sendiri .
didalam ilmu budaya dasar manusia hubungan lain dan tidak hanya menjadi pokok seperti manusia dengan alam, manusia dengan sesama, manusia dan cinta kasih sayang, manusia serta rasa tanggung jawabnya, manusia dengan dirinya sendiri, manusia dalam keadilan ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar