Kamis, 29 Maret 2012

Konsep Ilmu Budaya Dasar Dalam Kesusastraan

Pengertian Sastra dan SeniMenurut Para Ahli :
Sumarno dan saini
, Sastra adalah: ungkapan pribadi manusia berupapengalaman, pemikiran, gagasan, samangat, keyakinan dalam suatubentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat-alat bahasa.
 Mursal Esten,
menyatakan sastra atau kesusastraan adalahpengungkapan dari fakta artistic dan imajinatif sebagai manifestasikehidupan manusia melalui bahasa sebagai medium dan punya efek yg positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).
 Aristoteles,
seni adalah bentuk pengungkapannya dan penampilannyatidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah menirualam.
Ki Hajar Dewantara,
seni merupakan hasil keindahan sehinggadapat menggerakkan perasaan indah seseorang yang melihatnya, olehkarena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapatmenimbulkan perasaan indah itu seni.Peranan sastra dibagi dalambeberapa konteks :Peranan sastra dalam dunia pendidikanPeranan sastra dalam perubahan sosialPeranan sastra dalam pembentukankarakterPeranan sastra dalam pengembanganbahasa

peranan sastra dibagi dalambeberapa konteks : Peranan sastra dalam dunia pendidikan
Peranan sastra dalam perubahan sosial

Peranan sastra dalam pembentukankarakter
Peranan sastra dalam pengembanganbahasa




Prosa
adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan denganpuisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar,serta bahsanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.
Jenis-jenis Prosa :
Prosa baru
Prosa lama

1.Dongeng
2.Hikayat
3.Sejarah
4.Epos
5.Cerita pelipur lara
1.Cerpen
2.Novel
3.Biografi
4.Kisah
5.Otobiografi
Prosa fiksi
adalah kisahan yang mempunyai tokoh, lakuan, dan aluryang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi, dalam ragam prosa.(Sudjiman, 1984)Nilai-nilai dalamprosa fiksi :
Prosa fiksi memberikan kesenangan
pembacamendapat pengalaman sebagaimana mengalamisendiri peristiwa tersebut.
Prosa fiksi memberikan informasi
fiksimemberi informasi yang tidak terdapat dalamensikloedi.
Prosa fiksi memberikan warisan kultural
 sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinyadan warisan budaya bangsa.
Prosa fiksi memberikan keseimbangan wawasan
 menilai kehidupan berdasarkan pengalaman-pengalaman dengan banyak individu.

Puisi
adalah bentuk ekspresi pengalamanempirik atau batin seseorang yang diwujudkandengan bahasa-bahasa indah, perumpamaan dankiasan.
Alasan-alasan yang medasari penyajianpuisi dalam Ilmu Budaya Dasar :
 Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
hal ini berarti manusia senantiasa ingin memilikisalah satu kebutuhan dasarnya untuk lebihmenghidupkan pengalaman hidupnya dari sekedarkumpulan pengalaman langsung yang terbatas.
Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual
denganmembaca puisi, mahasiswa dapat diajak untuk menjenguk hati/pikiran manusia, baik orang lainmaupun diri sendiri, karena melalui puisinya sangpenyair menunukkan pembaca bagian dalam hatimanusia, ia menjelaskan pengalaman setiap orang.
Puisi dan keinsyafan sosial
memberikan kepadamanusia tentang pengetahuan manusia sebagaimakhluk sosial yang terlibat dalam issue dan problem  sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar