Minggu, 01 Januari 2012

OS Meego Pertama dan Terakhir dalam Nokia N9

Tampaknya untuk tahun 2012 kita tidak akan bisa mendengar lagi Sistem Operasi Meego akan muncul dalam sebuah Gadget. Pasalnya pihak Nokia secara resmi pada bulan November 2011 kemarin telah meluncurkan Nokia N9 dengan Sistem Operasi Meego pertama dan terakhir. Kenapa ada embel-embel yang terakhir? Sebab setelah ini, Meego di klaim tak akan di kembangkan dan di produksi lagi.



Bisa jadi, pihak Nokia sedang berupaya membuat sistem operasi baru untuk menyaingi Android yang saat ini memegang 60% pangsa pasar ponsel (sumber reuters) dimana lainnya di miliki iPhone dengan iOS nya sebanyak 20% dan sisanya membuat Nokia dengan Symbian nya harus berbagi konsumen dengan para vendor lainnya.

Mari kita sejenak kembali ke belakang, sebenarnya OS Meego ini adalah gabungan dari beberapa OS. Belum lagi, para pendiri dari masing-masing OS tersebut merupakan perusahaan raksasa di Eropa. Ya, Intel punya OS Moblin dan sudah sepakat akan bergabung dengan Maemo besutan Linux akan membuat OS Meego.

Lantas apa yang membuat Nokia berani memakai OS Meego ini? Sementara seperti yang kita ketahui sendiri kalau Nokia sudah mempunyai sistem Operasi sendiri yaitu Symbian.

Inilah Smartphone pertama dengan konsep Full Touch Screen yang artinya secara penuh ponsel ini di operasikan dengan layar sentuh tanpa adanya sebuah tombol di balik atau di sekitar ponsel tersebut. Untuk pengguna awam tentunya hal ini akan sangat membingungkan. Tapi jika Anda seseorang yang “Gadget“, tentunya hal ini merupakan tantangan dan gebrakan besar.

Lagi, dukungan prosesor sebesar ARM Cortex-A8 OMAP3630 1 Ghz dan GPU PowerVR SGX530 yang di tanamkan ke dalamnya membuat ponsel ini memiliki kecepatan yang sangat mumpuni. Di bekali kamera Carl Zeis dan LED Flash sebesar 8 MP semakin menambah keunggulan Nokia N9. Belum cukup sampai disitu, jaringan Koneksi 3G di ponsel ini juga di temani HSDPA, WiFi, dan Bluetooth.

Soal Harga, mungkin vendor nokia ingin meniru konsep dari iPhone. Nokia N9 di hargai berbeda untuk masing-masingnya yaitu untuk Nokia N9 16 GB di hargai sekitar Rp: 5.500.000,- dan Nokia N9 32 GB seharga Rp: 5.700.000,-. Itupun dengan harga promosi, bagaimana bila sudah jatuh ke tangan para distributor Indonesia? Tentu harga merupakan permasalahan nomor satu yang membuat sebagian orang berfikir dua kali untuk membeli ponsel ini.
http://blog.fastncheap.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar